Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Bandara Wisata Antariksa Siap Beroperasi 2013

Written By Uneg Uneg on Rabu, 07 September 2011 | Rabu, September 07, 2011

Bandara Wisata Antariksa Siap Beroperasi 2013

Richard Branson, Miliarder nyentrik asal Inggris memiliki ambisi menjadikan antariksa sebagai destinasi wisata. Untuk mewujudkan ambisi itu, Branson pun memperkenalkan pesawat ruang angkasa komersial "SpaceShipTwo", pada akhir tahun 2009 lalu.

Tidak hanya menyiapkan pesawat ruang angkasa komersial, melalui perusahaan Virgin Galactic, Branson pun membangun spaceport. Ini merupakan bandara antariksa yang akan digunakan penumpang pesawat ruang angkasa Virgin untuk lepas landas ke luar angkasa.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, spaceport ini pun sudah 90 persen siap digunakan. Berlokasi di lahan 1.800 acre atau 720 hektar di Las Cruces, New Mexico, Amerika Serikat, spaceport ini memiliki landas pacu (runway) sepanjang 2 mil atau sekitar 3,2 kilometer.

Spaceport ini memiliki desain yang futuristik, baik itu di hangar atau pun terminal. Sedangkan, Pusat Pengendali Antariksa di spaceport ini memiliki bentuk kubah atau dome besar.

Proyek ini hanya butuh beberapa bulan saja untuk penyelesaian akhir. Virgin Galactic sendiri mempersiapkan penerbangan antariksa perdananya di tahun 2013.

Direktur Eksekutif Otoritas Spaceport New Mexico, Christine Anderson, mengaku kaget dengan perkembangan yang dicapai proyek ini.

"Ketika Anda berpikir seperti apa jadinya, akan dibangun di mana, kemudian itu dibangun di gurun pasir di New Mexico--itu merupakan kota kecil yang dibangun," kata Christine, seperti dikutip dari Space.com.

"Jadi saya 'angkat topi' untuk kontraktor, arsitek, dan semua yang mengeluarkan waktu dan keringat untuk membangun itu," lanjutnya.

Pesawat SpaceShipTwo saat ini masih dalam tahap uji coba, terutama dalam hal keamanan dan kenyamanan untuk turis yang menggunakan pesawat ini. Perkiraan Anderson, pesawat ini bisa mulai dioperasikan pada kuartal pertama tahun 2013. (fz)

0 komentar:

Posting Komentar