Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Irak Eksekusi Mati Pelaku Terosisme

Written By Uneg Uneg on Senin, 08 April 2013 | Senin, April 08, 2013

 Baghdad - Di tengah desakan moratorium hukuman mati, otoritas Irak tetap melaksanakan eksekusi mati terhadap sejumlah narapidana. Sebanyak 7 orang narapidana kasus terorisme telah dieksekusi mati oleh otoritas Irak.

"Tujuh orang dieksekusi mati, kemarin (7/4)," ujar pejabat senior kementerian kehakiman yang enggan disebut namanya, seperti dilansir New Straits Times, Senin (8/4/2013).

Tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai identitas ketujuh terpidana mati tersebut. Hanya disebutkan, semuanya berjenis kelamin laki-laki. Ketujuh pria tersebut dihukum mati setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan terorisme oleh pengadilan setempat.

Dengan demikian, sejauh ini tercatat sudah ada 29 orang yang dieksekusi mati sepanjang tahun 2013 ini. Menurut perhitungan, otoritas Irak mengeksekusi mati total 129 orang sepanjang tahun 2012 lalu.

Bulan lalu, Menteri Kehakiman Irak Hassan al-Shammari menyatakan bahwa pihaknya akan terus menerapkan hukuman mati. Pernyataan ini dikeluarkan di tengah maraknya desakan agar otoritas Irak menerapkan moratorium hukuman mati.

Eksekusi mati yang dilakukan di Irak, selama ini menuai keprihatinan dari sejumlah organisasi lokal maupun internasional seperti PBB, Amnesty International dan Human Rights Watch. Negara-negara Barat seperti Inggris, juga ikut memprotes eksekusi mati yang tergolong sering dilakukan di negara ini dibandingkan negara-negara lain di dunia.

http://infoseputarberita.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar